Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
- Hallo Oto Mania Berita Otomotif Terupdate, Pada Artikel otomotif kali ini berjudul Sejarah Kereta Api Sumatra Barat telah kami persiapkan dengan seksama untuk sahabat otomotif baca dan ambil informasi didalamnya.
Semoga artikel otomotif terupdate dan terbaru
Artikel Trending, yang kami tulis ini dapat memberi inspirasi dan nilai positif sebagaimana mestinya.
Judul : Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
link : Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
Judul : Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
link : Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
Motobalapan | Jalur utama jaringan rel Sumatera Barat mulai aktif dioperasikan pada tahun 1891. Stasiun pertama di Padang (km 7 + 093), ke arah utara melalui Lubuk Alung (km 39 + 699), Kayu Tanam (km 60 + 038), Padang Panjang (km 75 + 361), dan Batu Tabal (km 93 + 873) ke Solok (km 127 + 956) (50 km dari Padang dalam garis lurus), membelok ke timur menuju Muara Kalaban (km 151 + 442) dan kemudian ke barat laut melalui sebuah terowongan untuk mencapai kota pertambangan batubara Sawahlunto (km 155 + 520). Jalur rel dibangun memutar cukup panjang karena melintasi areal pegunungan.
Sejarah Awal Kereta Api Sumatra Barat
Sejarah pembangunan jalur kereta api di Sumatera Barat dimulai pada zaman penjajahan Belanda dengan pembangunan jalur Pulau Air ke Padang Panjang yang diresmikan pada 6 Juli 1887. Jalur kereta api itu diteruskan ke Bukittinggi sepanjang 90 kilometer dan dioperasikan mulai November 1891.
Jalur kereta itu dibangun guna mengangkut biji kopi hasil tanam paksa dari pedalaman Sumbar seperti Bukittinggi, Payakumbuh dan Pasaman ke Padang untuk kemudian diekspor ke Eropa.
Penemuan batu bara di Sawahlunto oleh W.H De Grave pada tahun 1871 makin memantapkan keinginan Belanda untuk mengembangkan jalur kereta api di Sumbar. Maka rel kereta api dari Padang Panjang menuju Muaro Kalaban sepanjang 56 kilometer pun dibangun dan selesai Oktober 1892. Jalur itu dilanjutkan menuju Sawahlunto pada 1896.
Selanjutnya dalam kurun waktu 22 tahun selesailah pembangunan jalan kereta api di Sumbar sepanjang 230 kilometer.
Maka dimulailah zaman kejayaan kereta api di Sumbar pada akhir abad 19 tersebut hingga pertengahan abad 20. Kereta api tidak hanya sebagai sarana pengangkut barang, tetapi juga transportasi massal.
Matinya Kereta Api Sumatra Barat
Kejayaan itu mulai mundur pada 1970-an sampai akhirnya sebagian jalur kereta dihentikan operasionalnya pada 1973 karena kalah bersaing dengan moda transportasi darat lainnya. Berkurangnya produksi batu bara pada tambang PT Bukit Asam Ombilin kemudian menyebabkan kereta api jurusan tersebut juga dihentikan operasinya pada 2003.
Praktis, jalur yang tertinggal hanya Padang-Pariaman yang difokuskan untuk wisata sehingga berangsur-angsur ingatan masyarakat Minang terhadap kereta api mulai pudar. Bagi sebagian orang hal itu tinggal sebatas mimpi. Sejarah penghias cerita di lapau-lapau (kedai) ditemani segelas kopi, ketan dan goreng pisang.
Lahan bekas rel kereta api menjadi semak belukar dan terbengkalai karena tidak digunakan selama bertahun-tahun. Lalu mulailah masyarakat mencoba memanfaatkan lahan di atas rel kereta api tersebut agar lebih berdayaguna. Sebagian ditimbuni tanah dan dijadikan kebun, sebagian jadi lokasi tambang liar galian C, sebagian didirikan rumah bahkan pada beberapa titik telah menjadi jalan protokol dan ruko mewah yang pembuatannya direstui pemerintah daerah.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) kemudian memanfaatkan peluang itu untuk mendapatkan pemasukan dengan cara membuat sistem sewa lahan. Masyarakat yang menggunakan lahan bekas rel kereta api diharuskan membayar uang sewa pada PT KAI. Namun tetap menyisakan ruang untuk bisa menggunakan lahan itu sewaktu-waktu dengan membuat salah satu klausul kontraknya, penyewa lahan bersedia mengembalikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan PT KAI.
Setelah hampir 40 tahun keadaan tersebut berjalan. Pemukiman mulai tumbuh seperti cendawan dimusim hujan di sepanjang jalur kereta api itu karena sewa lahan yang diterapkan memang tidak terlalu memberatkan masyarakat.
Pembangunan daerah di kabupaten dan kota pada beberapa kasus bahkan tidak lagi mempertimbangkan adanya jalur kereta api, karena transportasi termurah itu hanya tinggal sejarah. Di Payakumbuh misalnya jalan-jalan utama dibangun di atas lahan rel. Di jalur Padangpanjang-Bukittinggi stasiun berubah fungsi jadi kedai atau toko. Bahkan ada instansi pemerintahan yang menyewa di atas tanah rel itu.
Menghidupkan Kereta Api Lagi
Pada tahun 2010, PT Kereta Api Indonesia mulai berencana menghidupkan lagi jalur kereta api ini. Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan menyediakan anggaran sekitar Rp2,7 triliun untuk menunjang rencana tersebut. Pada awalnya, PT KAI mengaktifkan kembali jalur kereta api Lubuk Alung-Kayu Tanam untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalur tersebut. Perusahaan mengaktifkan kereta komuter KA Lembah Anai untuk mengisi jalur tersebut. Peluncuran perdana Kereta Api (KA) Lembah Anai dilakukan Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono, Selasa, 1 November 2016.
Daftar lokomotif kereta api uap era Djawatan Kereta Api
Java, South Sumatra and West Sumatra
The final numbers represent the numbering system as used by the Djawatan Kereta Api and its corporate successors.
Sejarah Awal Kereta Api Sumatra Barat
Sejarah pembangunan jalur kereta api di Sumatera Barat dimulai pada zaman penjajahan Belanda dengan pembangunan jalur Pulau Air ke Padang Panjang yang diresmikan pada 6 Juli 1887. Jalur kereta api itu diteruskan ke Bukittinggi sepanjang 90 kilometer dan dioperasikan mulai November 1891.
Jalur kereta itu dibangun guna mengangkut biji kopi hasil tanam paksa dari pedalaman Sumbar seperti Bukittinggi, Payakumbuh dan Pasaman ke Padang untuk kemudian diekspor ke Eropa.
Penemuan batu bara di Sawahlunto oleh W.H De Grave pada tahun 1871 makin memantapkan keinginan Belanda untuk mengembangkan jalur kereta api di Sumbar. Maka rel kereta api dari Padang Panjang menuju Muaro Kalaban sepanjang 56 kilometer pun dibangun dan selesai Oktober 1892. Jalur itu dilanjutkan menuju Sawahlunto pada 1896.
Selanjutnya dalam kurun waktu 22 tahun selesailah pembangunan jalan kereta api di Sumbar sepanjang 230 kilometer.
Maka dimulailah zaman kejayaan kereta api di Sumbar pada akhir abad 19 tersebut hingga pertengahan abad 20. Kereta api tidak hanya sebagai sarana pengangkut barang, tetapi juga transportasi massal.
Matinya Kereta Api Sumatra Barat
Kejayaan itu mulai mundur pada 1970-an sampai akhirnya sebagian jalur kereta dihentikan operasionalnya pada 1973 karena kalah bersaing dengan moda transportasi darat lainnya. Berkurangnya produksi batu bara pada tambang PT Bukit Asam Ombilin kemudian menyebabkan kereta api jurusan tersebut juga dihentikan operasinya pada 2003.
Praktis, jalur yang tertinggal hanya Padang-Pariaman yang difokuskan untuk wisata sehingga berangsur-angsur ingatan masyarakat Minang terhadap kereta api mulai pudar. Bagi sebagian orang hal itu tinggal sebatas mimpi. Sejarah penghias cerita di lapau-lapau (kedai) ditemani segelas kopi, ketan dan goreng pisang.
Lahan bekas rel kereta api menjadi semak belukar dan terbengkalai karena tidak digunakan selama bertahun-tahun. Lalu mulailah masyarakat mencoba memanfaatkan lahan di atas rel kereta api tersebut agar lebih berdayaguna. Sebagian ditimbuni tanah dan dijadikan kebun, sebagian jadi lokasi tambang liar galian C, sebagian didirikan rumah bahkan pada beberapa titik telah menjadi jalan protokol dan ruko mewah yang pembuatannya direstui pemerintah daerah.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) kemudian memanfaatkan peluang itu untuk mendapatkan pemasukan dengan cara membuat sistem sewa lahan. Masyarakat yang menggunakan lahan bekas rel kereta api diharuskan membayar uang sewa pada PT KAI. Namun tetap menyisakan ruang untuk bisa menggunakan lahan itu sewaktu-waktu dengan membuat salah satu klausul kontraknya, penyewa lahan bersedia mengembalikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan PT KAI.
Setelah hampir 40 tahun keadaan tersebut berjalan. Pemukiman mulai tumbuh seperti cendawan dimusim hujan di sepanjang jalur kereta api itu karena sewa lahan yang diterapkan memang tidak terlalu memberatkan masyarakat.
Pembangunan daerah di kabupaten dan kota pada beberapa kasus bahkan tidak lagi mempertimbangkan adanya jalur kereta api, karena transportasi termurah itu hanya tinggal sejarah. Di Payakumbuh misalnya jalan-jalan utama dibangun di atas lahan rel. Di jalur Padangpanjang-Bukittinggi stasiun berubah fungsi jadi kedai atau toko. Bahkan ada instansi pemerintahan yang menyewa di atas tanah rel itu.
Menghidupkan Kereta Api Lagi
Pada tahun 2010, PT Kereta Api Indonesia mulai berencana menghidupkan lagi jalur kereta api ini. Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan menyediakan anggaran sekitar Rp2,7 triliun untuk menunjang rencana tersebut. Pada awalnya, PT KAI mengaktifkan kembali jalur kereta api Lubuk Alung-Kayu Tanam untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalur tersebut. Perusahaan mengaktifkan kereta komuter KA Lembah Anai untuk mengisi jalur tersebut. Peluncuran perdana Kereta Api (KA) Lembah Anai dilakukan Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono, Selasa, 1 November 2016.
Daftar lokomotif kereta api uap era Djawatan Kereta Api
Java, South Sumatra and West Sumatra
The final numbers represent the numbering system as used by the Djawatan Kereta Api and its corporate successors.
Original Number |
Later Number |
Final Number |
Wheel Arrangement |
Year of Introduction |
Builder | Builder's Number |
NIS 1, 3 | NIS 331-332 | B1001-02 | 2-4-0T | 1871 | Beyer Peacock | 986, 988 |
NIS 12 | NIS 336 | B1101 | 2-4-0T | 1884 | Beyer Peacock | 2396 |
NIS 15-17 | NIS 337-339 | B1102-04 | 2-4-0T | 1898-9 | Beyer Peacock | 3363, 3940-3941 |
OJS 13-16 | B1201-04 | 0-4-0Tr | 1891 | Beyer Peacock | 3386-3389 | |
SJS 38 | OJS 17 (2nd) | B1205 | 0-4-0Tr | 1899 | Beyer Peacock | 4091 |
OJS 18 | B1206 | 0-4-0Tr | 1895 | Beyer Peacock | 3672 | |
OJS 19-20 | B1207-08 | 0-4-0Tr | 1898 | Beyer Peacock | 3859-3860 | |
OJS 21-23 | B1209-11 | 0-4-0Tr | 1898 | Beyer Peacock | 4056-4058 | |
OJS 24 | B1212 | 0-4-0Tr | 1900 | Beyer Peacock | 4246 | |
SJS 37 | OJS 25 (2nd) | B1213 | 0-4-0Tr | 1899 | Beyer Peacock | 4090 |
OJS 26-27 | B1214-15 | 0-4-0Tr | 1910 | Beyer Peacock | 5378-5379 | |
SJS 17 | OJS 29 | B1216 | 0-4-0Tr | 1885 | Beyer Peacock | 2654 |
SJS 39 | OJS 30 (2nd) | B1217 | 0-4-0Tr | 1901 | Beyer Peacock | 4313 |
SJS 18-19 | OJS 31-32 | B1218-19 | 0-4-0Tr | 1888 | Beyer Peacock | 2821, 2976 |
SJS 14, 13 | OJS 33-34 | B1220-21 | 0-4-0Tr | 1884 | Beyer Peacock | 2577, 2576 |
SJS 21 | OJS 36 | B1222 | 0-4-0Tr | 1888 | Beyer Peacock | 2978 |
SJS 22 | OJS 37 | B1223 | 0-4-0Tr | 1889 | Beyer Peacock | 3016 |
SJS 36 | OJS 39 (2nd) | B1224 | 0-4-0Tr | 1898 | Beyer Peacock | 3966 |
SJS 40-42 | B1225-27 | 0-4-0Tr | 1901 | Beyer Peacock | 4314-4316 | |
SJS 43-44 | B1228-29 | 0-4-0Tr | 1902 | Werkspoor | 50-51 | |
SJS 45-52 | B1230-37 | 0-4-0Tr | 1902 | Werkspoor | 69-76 | |
SJS 53-55 | B1238-40 | 0-4-0Tr | 1903 | Werkspoor | 93-95 | |
SJS 56-57 | B1241-42 | 0-4-0Tr | 1905 | Beyer Peacock | 4717-4718 | |
OJS 25 | SJS 58 | B1243 | 0-4-0Tr | 1900 | Beyer Peacock | 4247 |
OJS 38-40 | SJS 59-61 | B1244-46 | 0-4-0Tr | 1922-3 | Groedo | - |
SS 99-109 | SS 74-84 | B1301-11 | 2-4-0T | 1886 | Hanomag | 1855-1865 |
NIS 13-14 | NIS 340-341 | B1401-02 | 2-4-2T | 1893-4 | Beyer Peacock | 3544-3545 |
KSM 1-4 | B1501-04 | 0-4-0Tr | 1896 | Hohenzollern | 883-886 | |
KSM 5-6 | B1505-06 | 0-4-0Tr | 1896 | Hohenzollern | 935-936 | |
KSM 7-8 | B1507-08 | 0-4-0Tr | 1896 | Hohenzollern | 947-948 | |
KSM 9-10 | B1509-10 | 0-4-0Tr | 1897 | Hohenzollern | 966, 1015 | |
KSM 11 | B1511 | 0-4-0Tr | 1898 | Hohenzollern | 1117 | |
PbSM 1-2 (2nd) | B1601-02 | 0-4-0Tr | 1897 | Hohenzollern | 1026, 1025 | |
PbSM 4-6 | B1603-05 | 0-4-0Tr | 1896-7 | Hohenzollern | 956-958 | |
PsSM 7 | PbSM 7 | B1606 | 0-4-0Tr | 1897 | Hohenzollern | 1024 |
PsSM 10 | B1607 | 0-4-0Tr | 1897 | Hohenzollern | 1028 | |
PsSM 14-18 | B1608-12 | 0-4-0Tr | 1900 | Hohenzollern | 1313-1317 | |
PsSM 12 | B1624 | 0-4-0Tr | 1899 | Hohenzollern | 1190 | |
MS 1-5 | B1701-05 | 0-4-0Tr | 1897-8 | Hohenzollern | 960-964 | |
MS 6-7 | B1706-07 | 0-4-0Tr | 1899 | Hohenzollern | 1050-1051 | |
MS 8-9 | B1708-09 | 0-4-0Tr | 1900 | Hohenzollern | 1321-1322 | |
MS 13 | B1710 | 0-4-0Tr | 1900 | Hohenzollern | 1326 | |
KSM 17 | B1711 | 0-4-0Tr | 1905 | Hohenzollern | 1883 | |
MSM 2-4 | B1801-03 | 0-4-0Tr | 1898 | Backer & Rueb | 143-145 | |
MSM 6 | B1804 | 0-4-0Tr | 1898 | Backer & Rueb | 147 | |
KSM 12-15 | B1901-04 | 0-4-0Tr | 1898 | Hohenzollern | 1118-1121 | |
SCS 29-30 | B2001-02 | 0-4-0Tr | 1900 | Beyer Peacock | 3775-3794 | |
SCS 31-36 | B2003-08 | 0-4-0Tr | 1901 | Beyer Peacock | 4299-4304 | |
SCS 37-40 | B2009-12 | 0-4-0Tr | 1902 | Werkspoor | 62-65 | |
SCS 41 | B2013 | 0-4-0Tr | 1903 | Werkspoor | 87 | |
SCS 42-44 | B2014-16 | 0-4-0Tr | 1905 | Beyer Peacock | 4634-4636 | |
SCS 45-47 | B2017-19 | 0-4-0Tr | 1907 | Beyer Peacock | 4938-4940 | |
MSM 1 (2nd), 5 (2nd) | B2101-02 | 0-4-0T | 1899 | Krauss | 3955-3956 | |
MSM 7-10 | B2103-06 | 0-4-0T | 1899 | Krauss | 3961-3964 | |
BDSM 6 | SS 110 | B2107 | 0-4-0Tr | 1899 | Krauss | 3960 |
BDSM 8 | SS 112 | B2108 | 0-4-0Tr | 1901 | Krauss | 4569 |
NIS 306-314 | B2201-09 | 0-4-2T | 1898 | Hartmann | 2447-2455 | |
NIS 315-325 | B2210-20 | 0-4-2T | 1900-1 | Hartmann | 2558-2568 | |
KSM 16 | B2301 | 0-4-0T | 1900 | Henschel | 5811 | |
MS 10, 12 | B2401-02 | 0-4-0Tr | 1902 | Hohenzollern | 1323, 1325 | |
NIS 231-233 | B2501-03 | 0-4-2RT | 1902 | Esslingen | 3242-3244 | |
NIS 234-235 | B2504-05 | 0-4-2RT | 1906 | Esslingen | 3342-3343 | |
KSM 18 | B2601 | 0-4-0Tr | 1908 | Henschel | 8861 | |
SJS 201-206 | B2701-06 | 0-4-2T | 1912 | Hartmann | 3532-3537 | |
SJS 207-212 | B2707-12 | 0-4-2T | 1914 | Hartmann | 3753-3758 | |
SJS 213-216 | B2713-16 | 0-4-2T | 1921 | Hartmann | 4441-4444 | |
SS 32 | SS 214 | B5001 | 2-4-0 | 1880 | Sharp Stewart | 2919 |
SS 36 | SS 218 | B5002 | 2-4-0 | 1880 | Sharp Stewart | 2923 |
SS 38-39 | SS 220-221 | B5003-04 | 2-4-0 | 1881 | Sharp Stewart | 2935-36 |
SS 42 | SS 224 | B5005 | 2-4-0 | 1881 | Sharp Stewart | 2958 |
SS 45 | SS 227 | B5006 | 2-4-0 | 1881 | Sharp Stewart | 2961 |
SS 60 | SS 229 | B5007 | 2-4-0 | 1882 | Sharp Stewart | 3012 |
SS 62 | SS 231 | B5008 | 2-4-0 | 1882 | Sharp Stewart | 3014 |
SS 77 | SS 237 | B5009 | 2-4-0 | 1884 | Sharp Stewart | 3104 |
SS 79-80 | SS 239-240 | B5010-11 | 2-4-0 | 1884 | Sharp Stewart | 3106-07 |
SS 85 | SS 243 | B5012 | 2-4-0 | 1884 | Sharp Stewart | 3195 |
SS 87 | SS 245 | B5013 | 2-4-0 | 1884 | Sharp Stewart | 3197 |
SS 91 | SS 249 | B5014 | 2-4-0 | 1886 | Sharp Stewart | 3345 |
SS 284-291 | SS 601-608 | B5101-08 | 4-4-0 | 1900 | Hanomag | 3358-3365 |
SS 300-307 | SS 609-616 | B5109-16 | 4-4-0 | 1902-3 | Hanomag | 3863-3870 |
SS 308-311 | SS 617-620 | B5117-20 | 4-4-0 | 1903 | Hanomag | 4025-4028 |
SS 317-322 | SS 621-626 | B5121-26 | 4-4-0 | 1905 | Hartmann | 2896-2901 |
SS 323-328 | SS 627-632 | B5127-32 | 4-4-0 | 1905 | Hanomag | 4316-4321 |
SS 338-340 | SS 634-636 | B5133-35 | 4-4-0 | 1907 | Werkspoor | 178-180 |
SS 345-346 | SS 637-638 | B5136-37 | 4-4-0 | 1908 | Hartmann | 3154-3155 |
SS 365-366 | SS 643-644 | B5138-39 | 4-4-0 | 1910 | Werkspoor | 248-249 |
SS 337 | SS 633 | B5151 | 4-4-0 | 1907 | Werkspoor | 177 |
SS 351-354 | SS 639-642 | B5152-55 | 4-4-0 | 1908 | Werkspoor | 188-191 |
SCS 101-105 | B5201-05 | 0-4-0 | 1908 | Hartmann | 3313-3317 | |
SCS 106-111 | B5206-11 | 0-4-0 | 1911 | Hartmann | 3480-3485 | |
SCS 112-121 | B5212-21 | 0-4-0 | 1912 | Hartmann | 3562-3571 | |
SCS 122-127 | B5222-27 | 0-4-0 | 1913 | Hartmann | 3739-3744 | |
SS 651-657 | B5301-07 | 4-4-0 | 1912 | Hartmann | 3572-3578 | |
SS 658-661 | B5308-09 | 4-4-0 | 1914 | Werkspoor | 352-355 | |
SS 16-18 | SS 21-23 | C1001-03 | 0-6-0T | 1880 | Sharp Stewart | 2845-2847 |
SS 49 | SS 303 | C1101 | 2-6-0T | 1879 | Hartmann | 1042 |
SS 51-52 | SS 305-306 | C1102-03 | 2-6-0T | 1879 | Hartmann | 1044-1045 |
SS 54-56 | SS 308-310 | C1104-06 | 2-6-0T | 1879 | Hartmann | 1047-1049 |
SS 58-59 | SS 311-312 | C1107-08 | 2-6-0T | 1881 | Hartmann | 1076-1077 |
SS 68 | SS 313 | C1109 | 2-6-0T | 1882 | Hartmann | 1130 |
SS 71-76 | SS 314-319 | C1110-15 | 2-6-0T | 1883 | Hartmann | 1216-1221 |
SS 83-84 | SS 320-321 | C1116-17 | 2-6-0T | 1883 | Hartmann | 1222-1223 |
SS 95 | SS 322 | C1118 | 2-6-0T | 1886 | Hartmann | 1429 |
SS 97-98 | SS 324-325 | C1119-20 | 2-6-0T | 1886 | Hartmann | 1431-1432 |
SS 117-121 | SS 326-330 | C1121-25 | 2-6-0T | 1887 | Hartmann | 1524-1528 |
SS 122-125 | SS 331-334 | C1126-29 | 2-6-0T | 1890 | Hartmann | 1669-1672 |
SS 126 | SS 335 | C1130 | 2-6-0T | 1891 | Hartmann | 1715 |
SS 128-129 | SS 337-338 | C1131-32 | 2-6-0T | 1891 | Hartmann | 1717-1718 |
SS 130-133 | SS 339-342 | C1133-36 | 2-6-0T | 1891 | Hartmann | 1722-1725 |
SS 139-141 | SS 343-345 | C1137-39 | 2-6-0T | 1891 | Hartmann | 1719-1721 |
SS 146 | SS 346 | C1140 | 2-6-0T | 1891 | Hartmann | 1759 |
SS 148 | SS 348 | C1141 | 2-6-0T | 1891 | Hartmann | 1761 |
SS 175 | SS 411 | C1201 | 2-6-0T | 1893 | Hartmann | 1939 |
SS 204 | SS 440 | C1202 | 2-6-0T | 1895 | Hartmann | 2060 |
SS 206-210 | SS 441-445 | C1203-07 | 2-6-0T | 1896 | Hartmann | 2103-2107 |
SS 212 | SS 447 | C1208 | 2-6-0T | 1896 | Hartmann | 2109 |
SS 220-227 | SS 448-455 | C1209-16 | 2-6-0T | 1897 | Hartmann | 2175-2182 |
SS 228-237 | SS 456-465 | C1217-26 | 2-6-0T | 1896 | Hartmann | 2151-2160 |
SS 239 | SS 467 | C1227 | 2-6-0T | 1896 | Hartmann | 2162 |
SS 260-263 | SS 468-471 | C1228-31 | 2-6-0T | 1898 | Hartmann | 2430-2433 |
SS 264-267 | SS 472-475 | C1232-36 | 2-6-0T | 1899 | Hartmann | 2462-2465 |
SS 292-299 | SS 476-483 | C1237-43 | 2-6-0T | 1902 | Hartmann | 2732-2739 |
SV 2-3 | SS 502-503, later SS 25-26 |
C1301-02 | 0-6-0T | 1894 | Cockerill | 1843-44 |
SV 5 | SS 505, later SS 28 |
C1303 | 0-6-0T | 1894 | Cockerill | 1846 |
SV 7 | SS 507, later SS 29 |
C1304 | 0-6-0T | 1894 | Cockerill | 1848 |
SV 12 | SS 512, later SS 34 |
C1305 | 0-6-0T | 1894 | Cockerill | 1853 |
SV 21 | SS 521, later SS 42 |
C1306 | 0-6-0T | 1894 | Cockerill | 1862 |
SDS 1-8 | C1401-08 | 0-6-0T | 1895-6 | Beyer Peacock | 3654-3661 | |
SDS 9-10 | C1409-10 | 0-6-0T | 1899 | Beyer Peacock | 4103-4104 | |
SDS 11-12 | C1411-12 | 0-6-0T | 1909 | Beyer Peacock | 5179-5180 | |
SDS 13-14 | C1413-14 | 0-6-0T | 1910 | Beyer Peacock | 5380-5381 | |
SS 250-259 | SS 85-94 | C1501-10 | 0-6-0T | 1899-00 | Werkspoor | 11-20 |
SS 240-249 | SS 95-104 | C1511-20 | 0-6-0T | 1897-98 | Hartmann | 2313-2322 |
NIS 250 | C1601 | 0-6-0T | 1899 | Hartmann | 2468 | |
NIS 252, 254 | C1602-03 | 0-6-0T | 1901 | Hartmann | 2716, 2718 | |
NIS 258 | C1604 | 0-6-0T | 1908 | Hartmann | 3159 | |
NIS 260-262 | C1605-07 | 0-6-0T | 1908 | Hartmann | 3161-3163 | |
NIS 251 | C1701 | 0-6-0T | 1899 | Hartmann | 2469 | |
NIS 253, 255 | C1702-03 | 0-6-0T | 1901 | Hartmann | 2717, 2719 | |
NIS 256-257 | C1704-05 | 0-6-0T | 1902 | Hartmann | 2773-2774 | |
NIS 259 | C1801 | 0-6-0T | 1908 | Hartmann | 3160 | |
SJS 101-108 | C1901-08 | 0-6-0T | 1898-9 | Hartmann | 2419-2426 | |
SJS 109-110 | C1909-10 | 0-6-0T | 1902 | Hartmann | 2777-2778 | |
SJS 111-112 | C1911-12 | 0-6-0T | 1902 | Hartmann | 2789-2790 | |
NIS 351-356 | C2001-06 | 0-6-2T | 1903 | Hartmann | 2792-2797 | |
NIS 357-360 | C2007-10 | 0-6-2T | 1912 | Hartmann | 3501-3504 | |
BDSM 9 | SS 113 | C2101 | 0-6-0T | 1903 | Krauss | 4806 |
BDSM 10 | SS 114 | C2102 | 0-6-0T | 1913 | Krauss | 6775 |
MSM 11 | C2103 | 0-6-0T | 1907 | Krauss | 5667 | |
MSM 12 | C2104 | 0-6-0T | 1912 | Krauss | 6612 | |
MSM 15-16 | C2105-06 | 0-6-0T | 1926 | Krauss | 8368-8369 | |
SV 6 | SS 506, later PsSM 6 (2nd) |
C2201 | 0-6-0T | 1894 | Cockerill | 1847 |
SV 16 | SS 516, later |
PsSM 7 (2nd)
C2202
0-6-0T
1894
Cockerill
1857
PsSM 8 (2nd)
C2203
0-6-0T
1910
Cockerill
2805
NIS 263
C2301
0-6-0T
1908
Hartmann
3164
NIS 271-280
C2401-10
2-6-2T
1909
Werkspoor
210-219
NIS 281-285
C2411-15
2-6-2T
1911-2
Werkspoor
284-288
PbSM 11-13
C2501-03
0-6-0Tr
1913
Hanomag
6799-6801
PbSM 14-15
C2504-5
0-6-0Tr
1921
Hanomag
9690, 9692
PsSM 9
C2506
0-6-0Tr
1921
Hanomag
9691
KSM 19
C2601
0-6-0T
1914
Henschel
12968
KSM 20
C2602
0-6-0T
1915
Henschel
13330
KSM 21
C2603
0-6-0T
1920
Henschel
17629
KSM 22-23
C2604-05
0-6-0T
1920
Henschel
17986-17987
KSM 24-26
C2606-08
0-6-0T
1921
Henschel
18630-18632
KSM 27-28
C2609-10
0-6-0T
1926
Henschel
20635-20636
SS 1101-1114
C2701-14
4-6-4T
1916
SLM
2575-2588
SS 1115-1124
C2715-24
4-6-4T
1919
Werkspoor
439-448
SS 1125-1134
C2725-34
4-6-4T
1920
Werkspoor
469-478
SS 1135-1139
C2735-39
4-6-4T
1922
Armstrong Whitworth
180-184
SS 1301-1330
C2801-30
4-6-4T
1921
Henschel
18155-18184
SS 1331-1345
C2831-45
4-6-4T
1921
Hartmann
4426-4440
SS 1346-1358
C2846-58
4-6-4T
1922
Esslingen
4022-4034
MSM 13-14
C2901-02
0-6-0T
1922
Hanomag
9789-9790
SS 1701-1705
C3001-05
2-6-2T
1929
Hohenzollern
4684-4688
SS 1706-1712
C3006-12
2-6-2T
1929
Hohenzollern
4692-4698
SS 1713-1721
C3013-21
2-6-2T
1930
Borsig
13953-13961
SS 1761-1771
C3061-71
2-6-2T
1929
Werkspoor
591-601
SS 1772-1781
C3072-81
2-6-2T
1930
Hanomag
10714-10723
SS 1782-1783
C3082-83
2-6-2T
1930
Hanomag
10743-10744
SS 1791-1793
C3091-93
2-6-2T
1930
Borsig
13950-13952
MT 1-12
C3101-12
0-6-0T
1898
Hartmann
2435-2446
MT 13-20
C3113-20
0-6-0T
1900
Hartmann
2476-2483
(Japan National Railways C12)
C3201-02
2-6-2T
?
Nippon Sharyo
570, ?
SSS 17-20
SSS 17-20
C3317-20
2-6-0T
1891
Esslingen
2452-2455
SSS 46-55
C3321-30
2-6-0T
1892
Esslingen
2552-2561
SSS 21-26
SSS 31-36
C3331-36
2-6-0T
1894
Esslingen
2670-2675
SSS 16
SSS 37
C3337
2-6-0T
1891
Esslingen
2451
SSS 59
C3338
2-6-0T
1903
Esslingen
3252
SSS 69
C3339
2-6-0T
1904
Esslingen
3319
SS 382-386
SS 706-710
C5001-05
4-6-2
1911
Hartmann
3444-3448
SS 711-712
C5006-07
4-6-2
1912
SLM
2230-2231
SS 713-716
C5008-11
4-6-2
1914
Hartmann
3771-3774
SS 377-381
SS 701-705
C5051-55
4-6-2
1911
SLM
2141-2145
NIS 371-380
C5101-10
4-6-0
1913
Beyer Peacock
5593-5602
SS 1001-1012
C5301-12
4-6-2
1920
Werkspoor
392-403
SS 1013-1020
C5313-20
4-6-2
1921-2
Werkspoor
488-495
SCS 201-206
C5401-06
4-6-0
1922
Hartmann
4449-4454
SCS 207-213
C5407-13
4-6-0
1922
Hartmann
4537-4543
SCS 214-219
C5414-19
4-6-0
1922
Beyer Peacock
6119-6124
SJS 301-306
D1001-06
0-8-0T
1913
Hartmann
3611-3616
SDS 201-204
D1007-10
0-8-0T
1914
Hartmann
3804-3807
SDS 205
D1011
0-8-0T
1915
Hartmann
3842
MS 14
D1101
0-8-0T
1913
Hohenzollern
3040
MS 15
D1102
0-8-0T
1914
Hohenzollern
3206
MS 16-18
D1103-05
0-8-0T
1920
Hohenzollern
4072-4074
MS 19-21
D1106-08
0-8-0T
1921
Hohenzollern
4086-4088
MS 22-24
D1109-11
0-8-0T
1924
Hohenzollern
4506-4508
SDS 51-53
D1301-03
0-8-0T
1922
Hohenzollern
4275-4277
SS 1401-1412
D1401-12
2-8-2T
1921
Hanomag
9644-9655
SS 1413-1424
D1413-24
2-8-2T
1922
Werkspoor
499-510
SJS 307-311
D1501-05
0-8-0T
1931
Hanomag
10708-10712
MT 21-24
D1601-04
0-8-0T
1912
Borsig
8266-8268, 8381
MT 25, 28
D1605-06
0-8-0T
1913
Borsig
8752-8753
MT 29-33
D1607-11
0-8-0T
1914
Borsig
8803-8807
MT 26-27 (2nd)
D1701-02
0-8-0T
1922
Hartmann
4530-4531
SSS 101-102
D1801-02
0-8-2RT
1913
Esslingen
3678-3679
SSS 103
D1803
0-8-2RT
1913
SLM
2326
SS 901-906
D5001-06
2-8-0
1914
Hanomag
7153-7158
SS 907-912
D5007-12
2-8-0
1914
Hartmann
3779-3784
SS 914-915
D5013-14
2-8-0
1914
SLM
2472-2473
SS 919-924
D5015-20
2-8-0
1914
SLM
2477-2482
SS 925-929
D5021-25
2-8-0
1914
Werkspoor
356-360
SS 930-932
D5026-28
2-8-0
1921
Werkspoor
479-481
SS 933-942
D5029-38
2-8-0
1921
Hanomag
9574-9583
ZSS 951-955
D5051-55
2-8-0
1925
Hartmann
4659-4663
ZSS 956-961
D5056-61
2-8-0
1926
Hanomag
10573-10578
SS 913
D5062
2-8-0
1914
SLM
2471
SS 916-918
D5063-65
2-8-0
1914
SLM
2474-2476
SS 1501-1510
D5101-10
2-8-2
1920
Hartmann
4129-4138
D52001-100
2-8-2
1951-2
Krupp
3224-3323
SSS 104-112
E1004-12
0-10-0RT
1921
SLM
2744-2752
SSS 113-118
E1013-18
0-10-0RT
1921
Esslingen
3986-3991
SSS 119-121
E1019-21
0-10-0RT
1926
SLM
3128-3130
SSS 122-123
E1022-23
0-10-0RT
1928
Esslingen
4214-4215
SSS 124-125
E1024-25
0-10-0RT
1928
Esslingen
4221-4222
E1051-54
0-10-0RT
1964
Esslingen
5306-5309
E1055-60
0-10-0RT
1966
Esslingen
5311-5316
E1061-67
0-10-0RT
1967
Nippon Sharyo
2486-2492
SS 801
F1001
2-12-2T
1912
Hanomag
6450
SS 802-810
F1002-10
2-12-2T
1913
Hanomag
6813-6821
SS 811-816
F1011-16
2-12-2T
1914-5
Hanomag
7362-7367
SS 817-819
F1017-19
2-12-2T
1915
Werkspoor
372-374
SS 820-823 (2nd)
SS 823 (3rd)-826
F1020-23
2-12-2T
1917
Werkspoor
418-421
SS 820-822
SSS H130-H132,
later SS 820-822 F1024-26 2-12-2T 1915 Werkspoor 375-377 SSS 133-134 SS 827-828 F1027-28 2-12-2T 1920 Hanomag 9353-9354 SS 276-283 SS 501-508 BB1001-08 0-4-4-2T 1899 Hartmann 2484-2491 SS 341-344 SS 509-512 BB1009-12 0-4-4-2T 1907 Hartmann 3089-3092 SS 347-350 SS 513-516 BB1013-16 0-4-4-2T 1908 Schwartzkopff 3857-3860 SS 312-316 SS 521-525 CC1001-05 2-6-6-0T 1904 Hartmann 2857-2861 SS 329-336 SS 526-533 CC1006-13 2-6-6-0T 1905 Hartmann 2927-2934 SS 355-360 SS 534-539 CC1014-19 2-6-6-0T 1909 Schwartzkopff 4129-4134 SS 361-364 SS 540-543 CC1020-23 2-6-6-0T 1909 Hartmann 3345-3348 SS 367-376 SS 551-560 CC1024-33 2-6-6-0T 1910 Werkspoor 250-259 SS 387 SS 561 CC1034 2-6-6-0T 1911 Werkspoor 271 SS 1601-1608 CC5001-08 2-6-6-0 1928 Werkspoor 558-565 SS 1609-1618 CC5009-18 2-6-6-0 1927 SLM 3211-3220 SS 1619-1624 CC5019-24 2-6-6-0 1928 Werkspoor 570-575 SS 1625-1630 CC5025-30 2-6-6-0 1928 SLM 3249-3254 SS 1201-1208 DD5001-08 2-8-8-0 1916 Alco 56154-56161 SS 1209-1220 DD5101-12 2-8-8-0 1919 Alco 58723-58734 SS 1251-1253 DD5201-03 2-8-8-0 1923 Hanomag 10221-10223 SS 1254-1256 DD5204-06 2-8-8-0 1924 Hartmann 4586-4588 SS 1257-1260 DD5207-10 2-8-8-0 1923 Werkspoor 538-541 SS 501T-506T TC1001-06 0-6-0T 1915 Hartmann 3818-3823 SS 507T-510T TC1007-10 0-6-0T 1920 Hartmann 4416-4419 SS 511T-515T TC1011-15 0-6-0T 1922 Hartmann 4421-4425 SS 401T-403T TD1001-03 0-8-0T 1926 Werkspoor 555-557
North Sumatra
Deli Spoorweg Mij was nationalized in 1957. Its locomotives retained the original numbers.
Aceh
There is no accurate record about which locomotives actually served after Indonesia's independence. It is almost certain that most of the 1-12 B's and some of the 21-62 C's had been scrapped earlier.
Sources:
De Stoomtractie op Java en Sumatra by J.J.G. Oegema
PNKA Power Parade by A. E. Durrant, reproduced with corrections in Incredible Indonesia, by Rob Dickinson
Pre-independence railway companies:
AT: Atjehtram
ASS: Staatsspoorwegen in Atjeh
BDSM: Babat-Djombang Stoomtram Mij
DSM: Deli Spoorweg Mij
JSM: Java Spoorweg Mij
KSM: Kediri Stoomtram Mij
MS: Malang Stoomtram Mij
MSM: Modjokerto Stoomtram Mij
MT: Madura Stoomtram Mij
NIS: Nederlandsch-Indische Spoorweg Mij
OJS: Oost-Java Stoomtram Mij
PbSM: Probolinggo Stoomtram Mij
PGSM: Poerwodadi-Goendih Stoomtram Mij
PsSM: Pasoeroean Stoomtram Mij
SS: Staatsspoorwegen
SCS: Semarang-Cheribon Stoomtram Mij
SDS: Serajoedal Stoomtram Mij
SJS: Samarang-Joana Stoomtram Mij
SSS: Staatsspoorweg ter Sumatra's Westkust
SV: Solo Valleiwerken
ZSS: Staatsspoorwegen in Zuid-Sumatra
later SS 820-822 F1024-26 2-12-2T 1915 Werkspoor 375-377 SSS 133-134 SS 827-828 F1027-28 2-12-2T 1920 Hanomag 9353-9354 SS 276-283 SS 501-508 BB1001-08 0-4-4-2T 1899 Hartmann 2484-2491 SS 341-344 SS 509-512 BB1009-12 0-4-4-2T 1907 Hartmann 3089-3092 SS 347-350 SS 513-516 BB1013-16 0-4-4-2T 1908 Schwartzkopff 3857-3860 SS 312-316 SS 521-525 CC1001-05 2-6-6-0T 1904 Hartmann 2857-2861 SS 329-336 SS 526-533 CC1006-13 2-6-6-0T 1905 Hartmann 2927-2934 SS 355-360 SS 534-539 CC1014-19 2-6-6-0T 1909 Schwartzkopff 4129-4134 SS 361-364 SS 540-543 CC1020-23 2-6-6-0T 1909 Hartmann 3345-3348 SS 367-376 SS 551-560 CC1024-33 2-6-6-0T 1910 Werkspoor 250-259 SS 387 SS 561 CC1034 2-6-6-0T 1911 Werkspoor 271 SS 1601-1608 CC5001-08 2-6-6-0 1928 Werkspoor 558-565 SS 1609-1618 CC5009-18 2-6-6-0 1927 SLM 3211-3220 SS 1619-1624 CC5019-24 2-6-6-0 1928 Werkspoor 570-575 SS 1625-1630 CC5025-30 2-6-6-0 1928 SLM 3249-3254 SS 1201-1208 DD5001-08 2-8-8-0 1916 Alco 56154-56161 SS 1209-1220 DD5101-12 2-8-8-0 1919 Alco 58723-58734 SS 1251-1253 DD5201-03 2-8-8-0 1923 Hanomag 10221-10223 SS 1254-1256 DD5204-06 2-8-8-0 1924 Hartmann 4586-4588 SS 1257-1260 DD5207-10 2-8-8-0 1923 Werkspoor 538-541 SS 501T-506T TC1001-06 0-6-0T 1915 Hartmann 3818-3823 SS 507T-510T TC1007-10 0-6-0T 1920 Hartmann 4416-4419 SS 511T-515T TC1011-15 0-6-0T 1922 Hartmann 4421-4425 SS 401T-403T TD1001-03 0-8-0T 1926 Werkspoor 555-557
North Sumatra
Deli Spoorweg Mij was nationalized in 1957. Its locomotives retained the original numbers.
Number | Wheel Arrangement |
Year of Introduction |
Builder | Builder's Number |
1-2 (2nd) | 0-4-4T | 1904 | Hohenzollern | 1712-1713 |
3 | 0-4-2T | 1884 | Hohenzollern | 316 |
6 | 0-4-2T | 1886 | Hohenzollern | 314 |
8-9 | 0-4-2T | 1886 | Hohenzollern | 403-404 |
13 | 0-4-2T | 1888 | Hohenzollern | 459 |
14 | 0-4-2T | 1890 | Hohenzollern | 548 |
17-20 | 2-4-4T | 1900-1 | Hartmann | 2627-2630 |
21-25 | 2-4-4T | 1902 | Hartmann | 2748-2752 |
26-28 | 0-4-4T | 1903 | Hohenzollern | 1630-1632 |
29 | 0-4-4T | 1904 | Hohenzollern | 1711 |
31-38 | 2-6-4T | 1914 | Hartmann | 3717-3724 |
39-44 | 2-6-4T | 1915-6 | Werkspoor | 385-390 |
45-48 | 2-8-4T | 1917 | Werkspoor | 414-417 |
50-55 | 2-6-4T | 1920 | Werkspoor | 463-468 |
57-59 | 2-6-4T | 1921 | Werkspoor | 496-498 |
60-62 | 2-4-2T | 1928 | Hanomag | 10583-10585 |
63-69 | 2-4-2T | 1929 | Hanomag | 10648-10654 |
103 | 0-4-0T | 1917 | Baldwin | 46754? |
104 | 0-4-0T | 1920 | Orenstein & Koppel | 8470? |
105 | 0-6-0T | 1920 | Orenstein & Koppel | 9323 |
106 | 0-6-0T | 1926 | DuCroo & Brauns | 96 |
107 | 0-6-0T | 1926 | DuCroo & Brauns | 97 |
108 | 0-4-0T | 1920 | DuCroo & Brauns | 132 |
109 | 0-6-0T | 1929 | DuCroo & Brauns | 184 |
Aceh
There is no accurate record about which locomotives actually served after Indonesia's independence. It is almost certain that most of the 1-12 B's and some of the 21-62 C's had been scrapped earlier.
Original Number |
Later Number |
Final Number |
Wheel Arrangement |
Year of Introduction |
Builder | Builder's Number |
AT 1-5 | ASS 1-5 | B1-5 | 2-4-0T | 1887 | Hanomag | 1556-1560 |
AT 6 | ASS 6 | B6 | 2-4-0T | 1887 | Hanomag | 1853 |
AT 7-8 | ASS 7-8 | B7-8 | 2-4-0T | 1894 | Hanomag | 2628-2629 |
AT 9 | ASS 9 | B9 | 2-4-0T | 1897 | Hanomag | 3039 |
AT 12 | ASS 10 | B10 | 2-4-0T | 1899 | Hanomag | 3210 |
AT 49 | ASS 11 | B11 | 2-4-0T | 1904 | Kutaraja Shops | - |
AT 60 | ASS 12 | B12 | 2-4-0T | 1904 | Sigli Shops | - |
AT 10-11 | ASS 21-22 | C21-22 | 0-6-0T | 1898 | Hanomag | 3198-3199 |
AT 13-16 | ASS 23-26 | C23-26 | 0-6-0T | 1900 | Hanomag | 3371-3374 |
AT 17-22 | ASS 27-32 | C27-32 | 0-6-0T | 1901 | Hanomag | 3567-3572 |
AT 23-29 | ASS 33-39 | C33-39 | 0-6-0T | 1901 | Hanomag | 3629-3635 |
AT 30-35 | ASS 40-45 | C40-45 | 0-6-0T | 1901-2 | Werkspoor | 44-49 |
AT 36-40 | ASS 46-50 | C46-50 | 0-6-0T | 1903 | Werkspoor | 88-92 |
AT 41-44 | ASS 51-54 | C51-54 | 0-6-0T | 1903 | Werkspoor | 106-109 |
AT 45-48 | ASS 55-58 | C55-58 | 0-6-0T | 1903 | Hanomag | 4042-4045 |
AT 56-57 | ASS 59-60 | C59-60 | 0-6-0T | 1904 | Werkspoor | 131-132 |
AT 58-59 | ASS 61-62 | C61-62 | 0-6-0T | 1904 | Hanomag | 4246-4247 |
C71-76 | 2-6-0 | 1962 | Nippon Sharyo | 1957-1962 | ||
ASS 81-82 | C81-82 | 4-6-0 | 1922 | Werkspoor | 516-517 | |
ASS 101-106 | D101-106 | 2-8-0 | 1931 | DuCroo & Brauns | 197-202 | |
ASS 107-112 | D107-112 | 2-8-0 | 1930 | Hanomag | 10748-10753 | |
AT 50-55 | ASS 71-76 | BB71-76 | 0-4-4-2T | 1904 | Esslingen | 3271-3276 |
BB81-84 | 0-4-4-2T | 1962 | Nippon Sharyo | 2004-2007 |
Sources:
De Stoomtractie op Java en Sumatra by J.J.G. Oegema
PNKA Power Parade by A. E. Durrant, reproduced with corrections in Incredible Indonesia, by Rob Dickinson
Pre-independence railway companies:
AT: Atjehtram
ASS: Staatsspoorwegen in Atjeh
BDSM: Babat-Djombang Stoomtram Mij
DSM: Deli Spoorweg Mij
JSM: Java Spoorweg Mij
KSM: Kediri Stoomtram Mij
MS: Malang Stoomtram Mij
MSM: Modjokerto Stoomtram Mij
MT: Madura Stoomtram Mij
NIS: Nederlandsch-Indische Spoorweg Mij
OJS: Oost-Java Stoomtram Mij
PbSM: Probolinggo Stoomtram Mij
PGSM: Poerwodadi-Goendih Stoomtram Mij
PsSM: Pasoeroean Stoomtram Mij
SS: Staatsspoorwegen
SCS: Semarang-Cheribon Stoomtram Mij
SDS: Serajoedal Stoomtram Mij
SJS: Samarang-Joana Stoomtram Mij
SSS: Staatsspoorweg ter Sumatra's Westkust
SV: Solo Valleiwerken
ZSS: Staatsspoorwegen in Zuid-Sumatra
Demikianlah Artikel Sejarah Kereta Api Sumatra Barat
Sekianlah artikel Sejarah Kereta Api Sumatra Barat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Sejarah Kereta Api Sumatra Barat dengan alamat link https://motobalapan.blogspot.com/2017/11/sejarah-kereta-api-sumatra-barat.html