Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
- Hallo Oto Mania Berita Otomotif Terupdate, Pada Artikel otomotif kali ini berjudul Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam telah kami persiapkan dengan seksama untuk sahabat otomotif baca dan ambil informasi didalamnya.
Semoga artikel otomotif terupdate dan terbaru
Artikel Berita, yang kami tulis ini dapat memberi inspirasi dan nilai positif sebagaimana mestinya.
Judul : Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
link : Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
Judul : Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
link : Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
Motobalapan | Berita Vlova - Metrotvnews.com, Bekasi: Tak lama lagi, proyek pembangunan jalur kereta listrik Manggarai-Cikarang rampung. Dengan selesainya pembangunan jalur ini, maka perjalanan dari Manggarai, Jakarta, menuju Cikarang, Kabupaten Bekasi--atau sebaliknya--bisa ditempuh hanya dalam satu jam.
"Bakal diuji coba besok," kata Kepala Sub-Bagian Humas Direktorat Jenderal Keret Api di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Joice Hutajulu, kepada Media Indonesia, Selasa 25 Juli 2017.
Sejak 2004 Kemenhub sudah membangun jalur rel ganda atau double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang. Secara keseluruhan, proyek pembangunan infrastruktur sepanjang 34,14 kilometer itu sudah mencapai 40%. Nantinya, jalur tersebut akan digunakan sebagai jalur layanan khusus kereta listrik.
"Jadi, perjalanan kereta rel listrik (KRL) dari Manggarai-Cikarang tidak perlu lagi mengalah demi perjalanan kereta api jarak jauh seperti sekarang," kata Joice.
Namun, untuk pemasangan tiang aliran listrik, proyek ini sudah selesai. Listrik sudah tersambung hingga ke Cikarang. "Akhir bulan ini akan kita uji coba melalui jalur rel lama. Kita lihat bagaimana perjalanan kereta listrik sampai Cikarang," kata Joice.
Tujuan uji coba, kata Joice, untuk mengukur daya tahan gardu listrik. Apabila lulus uji coba, Kemenhub segera mengeluarkan sertifikat kelayakan. Dan bila memungkinkan, Agustus nanti kereta listrik Manggarai-Cikarang sudah bisa beroperasi.
Sudah sampai Stasiun Kranji
Sementara itu, jalur ganda kereta listrik masih berlangsung. Pembangunan rel ganda diperkirakan selesai 2018.
Saat ini tiang-tiang masih dalam proses pemancangan. Pemasangan rel beserta bantalannya sudah sampai di Stasiun Kranji, Kota Bekasi. Meski begitu, di setiap stasiun masih membutuhkan penataan.
Operasional kereta listrik, kata Joice, tak perlu menunggu pengerjaan infrastruktur rel ganda selesai. Kereta api listrik masih bisa beroperasi menggunakan rel lama yang sudah terkoneksi dengan aliran listrik. Sedangkan fasilitas pendukung seperti stasiun dan kelengkapan lainnya masih disiapkan.
"Bakal diuji coba besok," kata Kepala Sub-Bagian Humas Direktorat Jenderal Keret Api di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Joice Hutajulu, kepada Media Indonesia, Selasa 25 Juli 2017.
Sejak 2004 Kemenhub sudah membangun jalur rel ganda atau double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang. Secara keseluruhan, proyek pembangunan infrastruktur sepanjang 34,14 kilometer itu sudah mencapai 40%. Nantinya, jalur tersebut akan digunakan sebagai jalur layanan khusus kereta listrik.
"Jadi, perjalanan kereta rel listrik (KRL) dari Manggarai-Cikarang tidak perlu lagi mengalah demi perjalanan kereta api jarak jauh seperti sekarang," kata Joice.
Namun, untuk pemasangan tiang aliran listrik, proyek ini sudah selesai. Listrik sudah tersambung hingga ke Cikarang. "Akhir bulan ini akan kita uji coba melalui jalur rel lama. Kita lihat bagaimana perjalanan kereta listrik sampai Cikarang," kata Joice.
Tujuan uji coba, kata Joice, untuk mengukur daya tahan gardu listrik. Apabila lulus uji coba, Kemenhub segera mengeluarkan sertifikat kelayakan. Dan bila memungkinkan, Agustus nanti kereta listrik Manggarai-Cikarang sudah bisa beroperasi.
Sudah sampai Stasiun Kranji
Sementara itu, jalur ganda kereta listrik masih berlangsung. Pembangunan rel ganda diperkirakan selesai 2018.
Saat ini tiang-tiang masih dalam proses pemancangan. Pemasangan rel beserta bantalannya sudah sampai di Stasiun Kranji, Kota Bekasi. Meski begitu, di setiap stasiun masih membutuhkan penataan.
Operasional kereta listrik, kata Joice, tak perlu menunggu pengerjaan infrastruktur rel ganda selesai. Kereta api listrik masih bisa beroperasi menggunakan rel lama yang sudah terkoneksi dengan aliran listrik. Sedangkan fasilitas pendukung seperti stasiun dan kelengkapan lainnya masih disiapkan.
Beberapa stasiun baru seperti Stasiun Bekasi Timur sudah siap digunakan. Namun, untuk beberapa stasiun masih menggunakan peron sementara seperti Stasiun Tambun. "Peron disediakan agar penumpang tak kesulitan naik turun kereta," kata dia.
Bergantian
Hanya, pengoperasian kereta listrik ke Cikarang masih harus bergantian dengan kereta jarak jauh. Sesekali kereta listrik akan mengalah untuk mendahulukan perjalanan kereta jarak jauh. "Semuanya akan dicek dulu aspek keamanannya."
Vice President (VP) bagian Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ), Eva Chairunisa, menyampaikan belum menerima perintah soal pengoperasionalan kereta listrik Jakarta Kota-Cikarang. Namun, Ia menyatakan PT KCJ sudah mempersiapkan segala fasilias dan operator yang akan bertugas.
"Secara tertulis belum ada perintah, jadi kami belum punya jadwal pasti," kata Eva.
Baca: Proyek 2 Rel Ganda Manggarai-Cikarang Perkecil Dampak Keterlambatan
Eva menjelaskan, PT KCJ sudah menyiapkan electronic gate di Stasiun Bekasi Timur sampai Stasiun Cikarang. Total pintu elektronik sebanyak delapan buah di kedua stasiun itu. Untuk Stasiun Tambun dan Cibitung disediakan enam gardu elektronik.
"Petugas informasi, vending machine, dan pelayanan penumpang sudah disiapkan," kata dia.
Kereta listrik Manggarai-Cikarang rencananya akan menggantikan Kereta Api (KA) Lokal Purwakarta-Tanjung Priok. KA lokal tersebut nantinya hanya beroperasi sampai Cikarang. Selebihnya, penumpang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta komuter ke Jakarta.
Pengawas proyek pembangunan stasiun dari PT Wijaya Karya, Rahmat, menyampaikan proyek pembangunan Stasiun Bekasi Timur di Kota Bekasi, Jawa Barat, telah rampung sekitar 90%. Meski demikian, sejumlah infrastuktur di stasiun tersebut sudah bisa dipakai. "Untuk uji coba besok juga sudah siap," kata dia.
<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://ift.tt/2uwnXDY" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>...
Sumber : http://ift.tt/2uSYY0g
Bergantian
Hanya, pengoperasian kereta listrik ke Cikarang masih harus bergantian dengan kereta jarak jauh. Sesekali kereta listrik akan mengalah untuk mendahulukan perjalanan kereta jarak jauh. "Semuanya akan dicek dulu aspek keamanannya."
Vice President (VP) bagian Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ), Eva Chairunisa, menyampaikan belum menerima perintah soal pengoperasionalan kereta listrik Jakarta Kota-Cikarang. Namun, Ia menyatakan PT KCJ sudah mempersiapkan segala fasilias dan operator yang akan bertugas.
"Secara tertulis belum ada perintah, jadi kami belum punya jadwal pasti," kata Eva.
Baca: Proyek 2 Rel Ganda Manggarai-Cikarang Perkecil Dampak Keterlambatan
Eva menjelaskan, PT KCJ sudah menyiapkan electronic gate di Stasiun Bekasi Timur sampai Stasiun Cikarang. Total pintu elektronik sebanyak delapan buah di kedua stasiun itu. Untuk Stasiun Tambun dan Cibitung disediakan enam gardu elektronik.
"Petugas informasi, vending machine, dan pelayanan penumpang sudah disiapkan," kata dia.
Kereta listrik Manggarai-Cikarang rencananya akan menggantikan Kereta Api (KA) Lokal Purwakarta-Tanjung Priok. KA lokal tersebut nantinya hanya beroperasi sampai Cikarang. Selebihnya, penumpang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta komuter ke Jakarta.
Pengawas proyek pembangunan stasiun dari PT Wijaya Karya, Rahmat, menyampaikan proyek pembangunan Stasiun Bekasi Timur di Kota Bekasi, Jawa Barat, telah rampung sekitar 90%. Meski demikian, sejumlah infrastuktur di stasiun tersebut sudah bisa dipakai. "Untuk uji coba besok juga sudah siap," kata dia.
<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://ift.tt/2uwnXDY" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>...
Sumber : http://ift.tt/2uSYY0g
Demikianlah Artikel Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam
Sekianlah artikel Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Tak Lama Lagi, Manggarai-Cikarang hanya Satu Jam dengan alamat link https://motobalapan.blogspot.com/2017/07/tak-lama-lagi-manggarai-cikarang-hanya.html